Kathina 2019

Menjelang Sanghadana di Samaggi Jaya Blitar
26 Oktober 2019, pagi

Para umat dan simpatisan Buddhis dari berbagai kota dan pulau di Indonesia setelah beristirahat semalam berkumpul dan meminta tuntunan sila serta bermeditasi di lantai atas Dhammasala Vihara Bodhigiri Balerejo.

Mendengarkan dan berdiskusi Dhamma tidak ketinggalan dilakukan agar setiap orang mendapatkan tuntunan pelaksanaan Dhamma dalam kehidupan sehari-hari.

Foto bersama para pelaksana kebajikan yang tergabung dalam Kusala Mitta, Bodhigiri Uttama Caritta, Forum Ibu-Ibu Buddhis Bali serta lainnya juga perlu dilakukan agar suatu saat kebajikan yang dilakukan pada tahun 2019 ini menjadi kenangan indah di masa-masa mendatang.

Selanjutnya perwakilan rombongan melakukan persembahan dana makan sebelum mempersiapkan diri berangkat ke lokasi acara Sanghadana di masa Kathina di Vihara Samaggi Jaya Blitar.

Sanghadana di masa Kathina tahun 2019 menjadi tahun spesial untuk Vihara Bodhigiri Balerejo karena Bunda Erlina yang merupakan penggagas berdirinya Forum Ibu-ibu Buddhis Bali berkenan hadir mengikuti kegiatan kebajikan sepanjang hari ini.

Semoga Bunda Erlina selalu sehat, bahagia dan panjang usia sehingga dapat lebih banyak memberikan petunjuk, tuntunan, saran dan pengarahan kepada para generasi muda Buddhis dalam upaya mereka melaksanakan Dhamma dalam kehidupan pribadi, keluarga serta masyarakat.

 

 

 

 

26 Oktober 2019, petang
Pra-acara Sanghadana

Para umat dan simpatisan Buddhis satu persatu mulai berdatangan ke lokasi acara Sanghadana yang diadakan di Vihara Samaggi Jaya, Blitar.

Mereka juga berkenan menampilkan berbagai jenis kesenian menjelang kegiatan utama yaitu perayaan Sanghadana.

Mereka membuktikan bahwa pengajaran Dhamma juga dapat dilakukan melalui kesenian.

Tentunya kemeriahan saat pra acara ini membantu mempersiapkan para umat dan simpatisan Buddhis untuk segera memasuki acara utama yaitu Sanghadana di masa Kathina.

Anumodana atas kerelaan semua fihak yang telah membantu mempersiapkan dan mengisi pra acara sehingga semuanya berlangsung dengan lancar dan meriah.

Semoga dana Dhamma yang telah dilakukan selalu membuahkan kebahagiaan sesuai harapan.
Semoga demikianlah yang terjadi.

 

 

 

 

 

Sanghadana di Samaggi Jaya Blitar
26 Oktober 2019

Tiba waktunya upacara Sanghadana di masa Kathina dimulai.

Para bhikkhu memasuki tempat acara. Para umat meminta tuntunan lima latihan kemoralan, membaca Paritta serta bermeditasi. Uraian makna Sanghadana disampaikan mengawali proses penyerahan Sanghadana.

Sanghadana berupa kebutuhan para bhikkhu dipersembahkan dengan pikiran tulus dan bakti.
Diharapkan kebajikan yang telah dilakukan selain dapat mendukung kelestarian Sangha juga dapat membuahkan kebahagiaan untuk para umat dan simpatisan Buddhis yang telah berbuat kebajikan.

Pelimpahan jasa dan pemercikan air Paritta menjadi penutup seluruh rangkaian upacara Sanghadana dimasa Kathina yang telah terlaksana dengan baik dan lancar di Vihara Samaggi Jaya, Blitar.

Semoga dengan kebajikan yang telah dilakukan, semua buah kebahagiaan selalu dapat diwujudkan.

Semoga demikianlah yang terjadi.

 

 

 

 

 

27 Oktober 2019
Keberangkatan

Setelah menunaikan niat luhur yaitu mempersembahkan Sanghadana di Vihara Bodhigiri dan Vihara Samaggi Jaya pada tanggal 26 Oktober 2019, rombongan bersiap berangkat untuk melanjutkan melakukan rangkaian kebajikan yang lain.

Rombongan yang terdiri dari para umat maupun simpatisan Buddhis yang tergabung dalam Bodhigiri Uttama Caritta, Kusalamitta dan Forum Ibu-Ibu Buddhis Bali melaksanakan pujabakti pagi dan bermeditasi bersama sebelum berangkat.

Tentu saja kegiatan foto bersama tidak akan pernah dilewatkan.

Anumodana kepada semua anggota rombongan yang telah berkenan hadir dan bermalam di Vihara Bodhigiri.

Semoga setiap kebajikan yang telah dilakukan selalu membuahkan kebahagiaan untuk Anda dan keluarga.
Semoga semuanya selalu sehat dan bahagia dalam pelaksanaan Buddha Dhamma.
Semoga semua makhluk berbahagia.
Semoga demikianlah yang terjadi.
🙏🙏🙏

 

 

 

 

  • October 31, 2019
Skip to toolbar