Memahami Jati Diri

Memahami Jati Diri

Suharnoto_001

 

 

Selama saya mengikuti latihan meditasi bersama dengan Yang Mulia Bhante Uttamo dari tahun 1999 sampe sekarang di Panti Semedi Balerejo atau saat ini bernama Vihara Bodhigiri, saya memperoleh banyak pengalaman. Berbagai pengalaman tersebut berasal dari sosok kepribadian Bhante Uttamo maupun dari pengalaman pribadi. Pengalaman yang dimaksud adalah munculnya ketegasan, komitmen, semangat, keuletan serta motivasi awal agar mau menjalani meditasi.

Kemudian setelah kemunculan bermacam potensi baik tersebut di atas, pikiran dipusatkan untuk mengamati jati diri yang sebenarnya. Apakah kita termasuk orang yang mudah jengkel, mudah tersinggung, mudah cepat putus asa, kurang percaya diri, penakut, angkuh, maupun berbagai sifat buruk lainnya yang masih melekat pada diri kita. Munculnya berbagai sifat buruk itu haruslah diusahakan untuk selalu disadari dan pikiran kembali dipusatkan. Setelah menerima diri sendiri sebagaimana adanya, cobalah secara bertahap kita berusaha mengubah mentalitas kita menjadi lebih bermurah hati, berlapang dada, lebih percaya diri, lebih berani dan lebih rendah hati.

Jika upaya tersebut masih belum memberikan hasil yang sesuai yaitu melihat jati diri yang sebenarnya, semoga kita tidak berhenti di tengah jalan, tetap gigih berusaha dan jangan pernah menyerah.

Semoga kita semua berbahagia dan semoga semua makhluk berbahagia.
Salam metta,
Suharnoto

  • October 23, 2014
Skip to toolbar