Mencoba Adalah Awal Keberhasilan

Pengalaman Dalam Berlatih Meditasi

Pada masa Vassa tahun 2017 ini, saya mempunyai kesempatan untuk ikut berlatih meditasi di Vihara Bodhigiri, Balerejo, Blitar.

Mengawali latihan, saya merasa ragu untuk mengikuti jadwal yang ada, karena tidak biasa seperti meditasi yang pernah saya ikuti. Namun karena saya ada keinginan untuk mencoba, akhirnya sayapun memutuskan untuk ikut mendaftarkan diri dan diterima untuk dapat berlatih di Vihara Bodhigiri, Balerejo, Blitar yang dibimbing oleh YM. Uttamo Mahāthera.

Awal pelatihan, saya belum terbiasa dengan jadwal yang ada yaitu harus memenuhi 15 jam dalam sehari.

Hari pertama saya hanya bisa menempuh meditasi 12 jam. Esok hari saat setelah chanting pagi, bhante Uttamo memberikan penjelasan mengenai meditasi. Saat saya ditanya “semalam bisa meditasi berapa jam?”, sayapun menjawab 12 jam bhante, dan beliau memberikan motivasi yang luar biasa untuk meningkatkan semangat dalam meditasi. Jika esok hari tidak dapat memenuhi 15 jam dalam berlatih meditasi saya akan diantarkan kembali ke Malang.

Dengan mendengarkan uraian Dhamma yang diberikan setiap pagi, selalu menumbuhkan semangat saya dalam berlatih, sehingga hari kedua dan selanjutnya saya dapat mengikuti meditasi dengan baik dan bisa memenuhi waktu yang ditentukan. Saya selalu mengingat pesan beliau, Semangat, Disiplin, Ulet dalam berlatih. Semangat, Disiplin, Ulet merupakan kunci utama dalam berlatih.

Selama berlatih, saya bertekat makan sehari sekali disiang hari sehingga saya dapat memanfaatkan waktu sarapan untuk berlatih meditasi diluar ruangan.

Tempat yang ada sangat mendukung sekali untuk praktik meditasi duduk, berdiri, maupun berjalan. Tempat yang sangat indah, luas, nyaman, dan tenang.

Saya beserta para rombongan tidak ada yang gugur dalam berlatih, semua rombongan dapat mengikuti meditasi dengan baik dengan perjuangannya masing-masing dan semua peserta memperoleh pengalaman dalam meditasi yang berbeda-beda yang semuanya mengarah kepada kemajuan batin dan kekuatan mental.

Semoga semua mahkluk berbahagia

Atthasilani Dhammanandi

 

Dhammanandi

  • December 23, 2017
Skip to toolbar