Pengalaman Meditasi 15 Jam

CERITA  SINGKAT :
PENGALAMAN  MEDITASI 15 JAM

Perjalanan dari rumah ke Vihara Bodhigiri Balerejo hampir 11 jam lamanya.
Berangkat dari rumah jam 10 malam & tidak bisa tidur dlm perjalanan…. sampai  depat pintu Vihara Bodhigiri Balerejo pagi hari kira-kira jam 9 – 10 an.

 

  1. Hari pertama meditasi:
    Mulai jam 12 siang…… semangat tapi badan capek dan berusaha bergadang sampai  selesaikan 15 jam. Dan super ngantuk.
    zzzzzzzzzzz……
    “HAH?! masih medit?? Alamak….mak… !! SADAR …. lanjut…!!!”.
  2. Hari ke 2 :
    Kurang tidur (gampang pulas tapi 2,5 jam saja). Bangunnya kaget karena kiraiin masih meditasi!! Ketiduran terus pas meditasi duduk, diharuskan banyakin meditasi jalan.  2x lipat meditasi jalan  tp sakit tuh telapak kaki & diharuskan di luar gedung……
    Oh tidak…….!!! Kenyamanan, terang & kehangatan pun sirna deh.
    Di luar gedung rada gelap & asing… ..manusianya sedikit…..banyak pohon & serangga……. serammmmm dan dingin hawanya apalagi angin pas menghembus duh…… bunyi apalagi pas meditasi “apa itu…..?? angin ato yang lain…???”
    FOKUSSS….!  YANG BUKAN OBJEK DIABAIKAN!
  3. Hari ke 3 :
    Meditasi lanjut terus ….. tidur pulas walau sedikit sekali waktunya.
    Mengalami Dis-orientasi.
    Pikirku, “ngapain pula dikerjain sampe segitu nya?” dsb.
    Sedih banget seperti tinggal seorang diri di muka bumi, homeless (ga boleh masuk kamar kalo belom selesai 15 jam), kaki bengkak, variesesnya keluar semua,  pegel2, bau, kangen keluarga, capek, kedinginan dll.
    Nangis sendiri deh…..
    Tapi malu kalo nyerah, kan emank niat sendiri ke Balerejo kok nyerah di tengah jalan?….Mau telp keluarga tapi… nanti melanggar aturan dan mereka pasti kecewa dengar mamanya gagal dalam meditasi 15 jam.  Gimana mau jadi CONTOH buat anak2.
    ‘TIDAK ADA KATA MENYERAH DALAM KAMUSKU’.
    JADILAH PEMENANG !!!
  4. Hari 4-sampe selesai:
    Mulai terbiasa dan menikmati proses meditasi.dsb…..
    AKHIRNYA…….
    BADAI BERLALU JUGA.

KESAN MEDITASI 15 JAM : BANYAAAAAK  banget…….tapi di singkat aja ya (Semoga sudah termasuk singkat…  🙂

  1. Bahagia muncul lagi. Otomatis…… Hahahahaha. SEMOGA SEMUA MAHKLUK HIDUP BERBAHAGIA JUGA.
  2. Lebih bisa mengontrol emosi. MUSUH TERBESARMU ADALAH DIRI SENDIRI.
  3. Mulai & lebih percaya diri (keyakinan pada diri sendiri), karena keraguannya hilang. IMANKU  ADALAH KEPERCAYAAN / KEYAKINANKU SENDIRI.
  4. Lebih bisa berpikir logis & sudut pandangnya berbeda, berkat penjelasan Bhante Uttamo pas Chanting (Q&A). BHIKKHU ITU POLA PIKIR. Terima kasih atas pencerahan Beliau.
  5. Lebih berani sedikit dari rasa takut gelap & jatuh dari ketinggian berkurang. Meditasi selanjutnya: ingin ku hilangkan total semua ketakutan itu. BISA KARENA BIASA.
  6. Lebih bisa mementingkan diri sendiri dan lebih bisa merasakan emosi org lain dan tidak takut bersikap. JADILAH DIRIMU SENDIRI.
  7. Lebih banyak ide & pikiran positive. Seperti di restart otaknya.
  8. Lebih menghargai waktu, cepat sekali waktu berlalu waktu.  WAKTUKU KESEMPATANKU.
  9. Benar-benar ”ME TIME, GUE BANGET. HAHAHAHA…CUTI … kapan lagi hanya bisa mikirin diri sendiri selama itu ? CINTAILAH DIRI SENDIRI.
  10. Fisikku saat ini lebih kuat terutama kaki, nyeri pada tulang punggung tidak timbul dan mata sekarang lembab lagi (dulu sering perih & kering setelah operasi). UNTUK MENCAPAI PUNCAK HARUS MENDAKI MESKI LELAH, NIKMATLAH PROSES KARENA SAMA NILAINYA.
  11. Kualitas tidur lebih baik “gampang pulas dan gampang bangun”, walaupun quantity waktunya sama seperti dulu.
  12. Banyak perasaan yang muncul, dari sedih sampe seneng, dari bosan sampe seru, dari lapar sampe kenyang, dari malas sampe rajin, dari santai sampe buru-buru, dari siang sampe malam sampe pagi lagi, dari kaki lemah & lemes sampe kuat dan kaku,  dari ketawa sampe nangis, dll……..
    Bolak balik tuh semua, TIDAK ADA YANG ABADI..SEMUA AKAN BERLALU JUGA.
  13. Pada saat kegiatan meditasi di Balerejo itu SEPERTI bermain dgn diri sendiri. Goalnya jelas. Musuhnya diri sendiri. Peraturannya sederhana banget. Penilaian jujur/tidak ya tergantung diri sendiri. Wahananya banyak. Adrenalinnya ada. Bila mentok bisa tanya petunjuk. Bisa bermain dengan imajinasi lagi.
    SERU…. Reward nya pas selesai  program meditasi selesai, terasa di kehidupan kita sendiri. Ini cuman kesan pribadi.
  14. Pikiran alam bawah sadarku lebih bisa dikontrol sekarang…..BACK TO REAL LIFE.
  15. Penyakit lupa ku alias pikun agak berkurang tapi belum sembuh total nih…… ini yang jadi targetku sekarang seperti harus di defragmenter komputer. HARUS FOKUS DENGAN DIMENSI KEHIDUPAN INI.
  16. Mengerti akan “INDAH PADA WAKTUNYA”.
  17. INTINYA : Saya menjadi  “LEBIH BAIK”.

SARAN :
JIKA MAU IKUT LATIHAN MEDITASI 15 JAM :

  • BULATKAN TEKAD.
  • COBA DAFTAR.
  • IKUTIN ATURAN & “SEMANGAT, ULET DAN DISIPLIN”
  • HASILNYA ALAMI SENDIRI.
  • SELANJUTNYA SILAHKAN TULIS & TERBITKAN DI KESAN DI SINI.

 

Erny bersama teman berlatih meditasi di Vihara Bodhigiri Balerejo

 

Keterangan :
Nama : Erny Louw
Pekerjaan : Ibu Rumah Tangga
Umur : 37 Tahun
Latar Belakang : KTP Buddha (Dari kanak-kanak sampai lulus SMA di sekolah non-Buddhis)

 

 

  • November 9, 2019
Skip to toolbar